mifta.nurrahmayanti's blog

Just another Wadah Aspirasi, Kreasi dan Catatan Harian Aktivitas Mahasiswa UGM site

Beda Tepi Daun Bergigi dengan Bergerigi dan Beringgit dengan Berombak

Beda Tepi Daun Bergigi dengan Bergerigi dan Beringgit dengan Berombak

13

  • Bergigi (dentatus) : sinus tumpul dan angulus runcing. Bisa dikatakan sinusnya (toreh) melengkung ke arah tulang daun, dan angulusnya (bagian tepi daun yang menonjol keluar) runcing / membentuk sudut. Seperti pada daunĀ Beluntas (Pluchea indica).
  • Bergerigi (serratus) : sinus dan angulusnya memiliki sudut keruncingan yang sama. Sinus dan angulus sama sama runcing / membentuk sudut, sehingga tepi daunnya zig zag. Seperti pada daun Lantana ( Lantana camara).
  • Beringgit (crenatus) : sinusnya runcing dan angulusnya tumpul. Tepi daun ini berkebalikan dengan tepi daun bergigi. Seperti pada daun Cocor Bebek (Kalanchoe pinnata).
  • Berombak (repandus) : sinus dan angulusnya sama sama tumpul. Tepi daun ini berkebalikan dengan tepi daun bergerigi. Jadi tepi daun ini jika dirasakan dengan jari akan terasa halus karena tidak runcing. Seperti pada daunĀ Air Mata Pengantin (Antigonon leptopus).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>